Mesin frais


Mesin frais adalah mesin perkakas dengan gerak utamanya memutarkan alat potong (pisau frais) pada waktu penyayatan terhadap benda kerja, sedangkan benda kerja bergerak menurut bentuk dan ukurannya.

Kegunaan mesin frais dapat dibedakan dari bentuknya antara lain:

- Mesin Frais Universal (Universal Milling Machine)

- Mesin Frais Tegak (Vertikal Milling Machine)

- Mesin Frais Hobber (Hobbing Machine)

- Mesin Frais & Bore (Milling & Boring Machine)

- Mesin Frais Copy (Copying Milling Machine)

- Mesin Frais CNC (CNC Milling Machine)

4.1 Mesin Frais Universal “VIKING”

Mesin Frais Universal adalah mesin frais yang dapat melakukan pekerjaan dari bermacam-macam bentuk dan konstruksi dari mesinnya dibuat dapat memutar segala perlengkapan yang dibutuhkan pada pengefraisan. Meja lintang mesin frais ini dapat diputar sesuai dengan kebutuhan sampai dengan 45˚ seperti untuk membuat alur spiral, dan pergerakan meja dapat secara otomatis baik vertical maupun horizontal.

4.2 Perlengkapan Mesin Frais Universal dan Kegunaannya

a. Perlengkapan Mesin Frais Universal:

1. Slotting Head

2. Universal Head

3. Swivel Vice (catok)

4. Dividing Head (kepala pembagi)

5. Arbor (panjang dan pendek)

b. Kegunaannya:

1. Slotting Head, kepala untuk membuat alur pada posisi tegak, kepala mesin ini dapat dimiring kan sebesar 360˚ dan panjang maksimum langkah lengannya membuat alur 80mm.

2. Universal Head, kepala mesin untuk mengerjakan benda kerja dalam segala bentuk, seperti membuat alur Tee (T-slot), alur ekor burung, membuatroda gigi, membuat spiral gurdi, dsb. Kepala esin ini dapat dimiringkan dalam segala posisi sampai 360˚.

3. Swivel Vice (catok), untuk menjepit benda kerja yang dipasang pada meja lintang mesin, catok dapat diputar kesegala posisi melalui skala busur derajat.

4. Dividing Head (kepala pembagi) dan kelengkapannya, gunanya untuk membagi kesama rataan pembagian posisi pada proses pembuatan:

a. roda gigi

b. bentuk segi banyak beraturan atau sebangun.
c. pembagian untuk membuat alur spiral pada bur, dsb.

0 komentar:

Posting Komentar

My Blog List